PP. AL HUDA BLIMBINGSARI - TEGALSARI - BANYUWANGI

Pondok pesantren al huda blimbingsari didikan oleh dua orang kyai yaitu KH. Hasan Hamdi dan KH. Masruhan Zakariyya.
Pondok Pesantren Al Huda Blimbingsari berada di Krajan 1 Desa Tegalsari Kecamatan Tegalsari tepatnya berada di perbatasan antara Desa Setembel dengan Desa Tegalsari.

Kegiatan pondok setiap hari adalah mengkaji kitab – kitab salaf kuno para ulama terdahulu atau yang disebut dikalangan pesantren sebagai kitab kuning.

Tanda masuk area pp. al huda blimbingsari

Kitab yang diajarkan setiap hari adalah kitab fathur qorib yang membahas tentang hukum – hukum islam mulai dari bersuci, haji, puasa hingga nikah,
Selain kitab fathul qorib juga diajarkan kitab kelas tinggi seperti kitab karangan syech nawawi al bantani yaitu maroh labid tafsir munir yang diikuti oleh banyak santri dari daerah sekitar dan banyak kalangan, pengajian kitab di ta’lim langsung oleh KH. Zakariyya yang dulunya merupakan alumni ponpes lirboyo kediri.

KH. Zakariyya dikenal oleh kalangan masyarakat tegalsari sebagai sosok yang alim dan pintar dalam ilmu agama islam, beliau juga sering di undang untuk mengisi pengajian dalam beberapa acara seperti di pondok pesantren subulussalam tegalsari yang di asuh oleh kyai hambali mu’thi, dan seperti di pondok pesantren mambaul huda krasak tegalari, tidak hanya lihai berceramah Kyai Zakariya juga sering di undang untuk memberikan khutbah nikah kepada calon pengantin yang sedang melakukan akad nikah.

Sebagian santri yang akan mengaji

Oleh sebab itu Kyai Zakariya tidak diragukan lagi keilmuan nya karena beliau juga memiliki banyak koleksi kitab kitab kuning kuno dirumah beliau, yang bertanda bahwa kyai dulunya pernah nyantri diberbagai pondok pesantren di indonesia.

Selain itu KH. Hasan Hamdi juga mengajari mengaji kitab – kitab kuning ke santri kecil yang lain, selain kitab beliau juga mengajar kitab suci al qur’an kepada anak – anak kecil yang ingin belajar mengaji al qur’an, tidak kalah alim kyai hasan hamdi juga memiliki ke istimewaan yaitu beliau selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah sehari hari di pondok, Kyai Hasan hamdi juga sering di undang untuk mengisi pengajian atau pun beliau yang menutup acara dengan do’a.

 menunggu kyai rawuh, belajar kitab tafsir munir

Kyai Hasan Hamdi dulunya juga merupakan santri dari Kyai Haji Mukhtar Syafa’at Abdul Ghofur blokagung kyai yang sangat dikenal akan kealimanya diseluruh indonesia. Hingga ini warisan pondok beliau sangat besar yaitu pondok pesantren darussalam blokagung yang saat ini diasuh oleh dzurriyah beliau.

Tak hanya mengaji di Pondok pesantren al huda blimbingsari juga sering diadakan acara besar seperti pengajian oleh kyai kyai sekitar banyuwangi.

proses ta'lim wa ta'allum di pondok al huda tegalsari

0 Response to "PP. AL HUDA BLIMBINGSARI - TEGALSARI - BANYUWANGI"

Posting Komentar

Sempatkanlah untuk memberikan salam, kritik, tanggapan, sanggahan, saran, komentar, di kotak komentar. Gratis.....!